ALHAMDULILLAH 4 BANSOS DILANJUTKAN!!! Ini Rincian 4 Bansos yang Disalurkan di Desember 2023

- 8 Desember 2023, 09:22 WIB
Bantuan sosial (bansos) beras 10 kg dari Kementerian Sosial RI, ssalah satu program bansos yang dilanjutkan pemerintah.
Bantuan sosial (bansos) beras 10 kg dari Kementerian Sosial RI, ssalah satu program bansos yang dilanjutkan pemerintah. /Ade Parhan/Pikiran Rakyat Garut/

MUSIANAPEDIA.com - Pada Desember 2023 ini pemerintah akan menyalurkan sejumlah program bantuan sosial (Bansos) yang ditujukan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan semua itu akan dibagikan di periode 1 Desember hingga 30 Desember 2023 ini.

Sejumlah program bansos ini, dikhususkan untuk para KPM yang sudah terdaptar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan ini merupakan kabar gembira bagi para KPM, dikarenakan bisa mengurangi beban mereka yang berada di garis kemiskinan.

Pemerintah telah menetapkan berbagai program bansos yang diperuntukan membantu masyarakat, mulai dari bantuan untuk anak sekolah hingga pemberian bantuan uang tunai dan beras.

Bansos Pemerintah Untuk Rakyat Miskin di 2023

1. Program Indonesia Pintar (PIP)

Program yang dilakukan pemerintah yang pertama adalah PIP, yang bertujuan investasi pada masa depan generasi muda, agar semua generasi muda di Indonesia ini bisa melanjutkan sekolah.

Nominal bantuan yang diberikan dalam program PIP ini bervariasi, mulai dari Rp450 ribu hingga Rp1 juta. PIP memberikan dukungan finansial yang cukup signifikan untuk siswa dari SD hingga SMA/SMK.

Baca Juga: SELAMAT! Pemerintah Tambah Anggaran Bansos Akhir Tahun 2023, Peluang Terbuka Lebar untuk yang Belum Terdata

Cara mendapatkan bantuan ini cukup mudah, siswa atau orangtua hanya perlu melapor ke sekolah dengan menyebutkan nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP), melibatkan kerjasama antara sekolah, Dinas Pendidikan setempat, dan mitra penyedia dana di bank.

Jadi, dengan begitu anak sekolah yang berasal dari keluarga yang berada dibawah garis kemiskinan bisa melanjutkan sekolah, tanpa harus alami kekurangan biaya pendidikan.

Halaman:

Editor: Aan Sangkutiyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah