Tips Desain Tangga Rumah yang Nyaman dan Ideal: Ukuran dan Fungsi yang Perlu Diperhatikan!

- 23 April 2024, 15:00 WIB
Tips Desain Tangga Rumah yang Nyaman dan Ideal: Ukuran dan Fungsi yang Perlu Diperhatikan! (tangkap layar youtube Haai Design)
Tips Desain Tangga Rumah yang Nyaman dan Ideal: Ukuran dan Fungsi yang Perlu Diperhatikan! (tangkap layar youtube Haai Design) /

MUSIANAPEDIA.com - Apakah Anda sering merasa lelah atau capek saat naik tangga? Mungkin saja tangga rumah Anda belum dirancang dengan baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai tangga rumah, mulai dari ukuran ideal hingga fungsi-fungsinya yang penting untuk kenyamanan penghuni rumah.

1. Lebar Tangga

Lebar tangga adalah faktor penting yang seringkali terlupakan dalam perencanaan rumah. Secara ideal, lebar bersih tangga untuk rumah sebaiknya minimal 1 meter, namun untuk rumah dengan lahan yang lebih kecil, 80cm juga sudah cukup nyaman. Dengan lebar yang memadai, pengguna tangga dapat bergerak dengan lebih leluasa dan aman.

2. Dimensi Anak Tangga

Selain lebar, dimensi anak tangga juga perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan ketidaknyamanan saat digunakan.

Anak tangga yang ideal memiliki dimensi yang konsisten, sehingga setiap langkah penggunanya terasa stabil dan aman. Jangan lupa, dimensi anak tangga harus konsisten dari atas sampai bawah tangga.

3. Landing atau Bordes

Bordes tangga adalah area datar di antara anak tangga yang berfungsi sebagai tempat istirahat ketika menaiki tangga. Ukurannya sebaiknya cukup luas, minimal 1 meter atau 80cm, agar pengguna dapat beristirahat sejenak dan menghindari kelelahan saat menaiki tangga yang tinggi.

Halaman:

Editor: Aan Sangkutiyar

Sumber: YouTube Haai Design


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah